Antara Ikut Tanwir Muhammadiyah dan Tiket Pesawat Yang Mahal.


Keterangan foto tidak tersedia.

"Kami naik Bus eksekutif dari Jakarta ke Bengkulu". tulis Nur Aliyah Baidhowi, sekretaris Koordinator Muhammadiyah Asean ini berangkat berdua dengan suaminya Mas Lukman Dosen di UHAMKA mengikuti Tanwir Muhammadiyah yang ke 51 di Bengkulu Sumatera yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 sd 17 Februari 2019. Mereka sebagai Peninjau, jadi semua akomodasi transportasi diurus sendiri. baca: Tanwir Muhammadiyah ke 51 Di Bengkulu tahun 2019

"Rencana berangkat tanggal 13 Februari sengaja ambil Bus eksekutif agar perjalanan lebih legah sedikit." tambahnya lagi.  Mereka sudah memesan tiket Bus eksekutif  dari Jakarta ke Bengkulu itu  seharga 400 ribu rupiah.  
Tiket Pesawat sudah diatas satu jutaan dari Jakarta ke Bengkulu. Sudah tak terjangkau rasanya, tetapi sebagai kader Muhammadiyah keinginan menghadiri Tanwir dan membantu peserta dari luar negara yang datang menghadiri Tanwir bentuk sebagai tanggung jawab.

Bagaimana peserta dari Papua ya?, search di online tiket dari Manokwari - Bengkulu sudah mencapai empat jutaan, di tanggal yang sama. Sementara dari Batam pula ke Bengkulu mencecah dua jutaan.
Sebagai Koordinator Muhammadiyah Asean yang tinggal di Batam rencana kuputuskan berangkat dari Batam ke Palembang naik pesawat terbang seharga 700 an ribu rupiah, kemudian dari Palembang ke Bengkulu naik travel 200 ribu rupiah, Perjalanan dari Palembang ke Bengkulu sekitar 10 jam perjalanan.  Sementara tiket pesawat Palembang Bengkulu sudah hampir mencapai jutaan rupiah.

 Keterangan foto tidak tersedia.

Peserta Tanwir dari Asean, berangkat dari Kuala Lumpur ke Palembang dengan pesawat low cost hanya 74 Ringgit Malaysia (RM) dan kembali dari Palembang ke Kuala Lumpur lebih mahal sedikit yaitu 90 RM.  Mereka semua sudah pesan tiket.
Kalau kita berangkat dari Batam via Kuala Lumpur, biaya yang harus dikeluar kan kira kira sebesar, 255 ribu rupiah dari Ferry terminal Batam Center ke Stulang Laut Johor, 6 RM taksi dari Stulang ke Larkin stasiun Bus di Johor dari Larkin ke terminal KLIA2 sekitar 50 RM total sekitar 200 RM atau dalam rupiah 700 ribu bila kusr 1 RM = 3.500,- rupiah 

Keterangan foto tidak tersedia.

Sewa mobil rental Palembang - Bengkulu - Palembang sekitar 500 ribu rupiah perhari dengan supir per empat atau lima orang, mobil jenis Avanza. Jadi jauh lebih murah dengan penerbangan yang tarif sekarang kata Asrizal Nur Seniman Indonesia ini dalam surat terbukanya kepada Menteri Perhubungan Indonesia membuat anak tak dapat menghadiri pemakaman orang tuanya, karean haru kembali ke zaman duapuluh tahun yang lalu.
Murahnya penerbangan di luar negeri seperti Kuala Lumpur Palembang hanya 74 RM sekitar 259.000,- rupiah hampir dua jam penerbangan, membuat banyak rakyat Indonesia memilih penerbangan dari dan keluar negeri untuk tujuan dalam negeri.
 
"Kami dah beli tiket, suami isteri" tulis pakAkiah Barabag dari Sabah yang akan menghadiri Tanwir ke 51 di Bengkulu, demikian pula ustadz Amir Hamzah dari Kedah Malaysia sudah sip dengan tiketnya, serta Ahmad Mohammad dari Johor, tinggal terbang dipenerbangan yang sama, dan kami sudah janjian bertemu di Bandara Palembang Sultan Mahmud Badaruddin II.

Begitulah saudara saudara sekalian kami menyikapi mahalnya transport udara ini, entah apa jadinya Tanwir kali ini.