Unibrow, Alis Menyatu


Gambar mungkin berisi: 1 orang, dekat

Lagi ramai uni uni an. yang ini Unibrow bukan Unicorn atau Unicon.
Istilah Unibrow adalah bersatunya antara alis mata sebelah kiri dengan alis mata sebelah kanan. Diantara kedua alis itu ditumbuhi oleh rambut rambut, sehingga terlihat menyatu.



Ternyata alis bertaut menyatu kanan dan kiri ini juga kita temui di Kepulauan Riau. katanya merupakan kelainan genetik (Cornelia De-Lange Syndrome) sehingga hanya kalangan tertentu yang mewarisinya. 

"Dia cucuku yang kedua dari anak perempuan." Ujar Ratno Prayitno, lelaki 60 an tahun kelahiran Langkat Sumatera Utara itu.
"Bapaknya orang Melayu Riau." ujarnya lagi.
Ratno Prayitno yang kini menetap di Duri dan dikarunia cucu 14 orang ini, menikah dengan Leim Bil Lian alias Abo, berganti nama menjadi Hidayati setelah memeluk Islam.

 Konon umumnya orang orang berasal dari Asia Tengah yang mewarisi genetik alis seperti ini. Sepeti orang di Iran, Tajikistan, wilayah Rusia.
Saat penulis  berkunjung ke Urumqy, kita banyak menemi orang alis bertaut ini.

Seperti dikutip dari beberpa situs bahwa, unibrow cukup banyak dijumpai di kawasan tersebut sehingga berkembang kepercayaan adat bahwa, unibrow menjadi daya tarik seseorang. Unibrow juga melambangkan kesucian wanita serta kejantanan pria.
Kepercayaan ini berkembang sejak Dynasty Qajar berkuasa di Iran (1785-1925).



Gambar mungkin berisi: 2 orang, dekat
Begitu kuatnya pesona unibrow di beberapa bagian Asia Tengah, banyak wanita yang sengaja membuat unibrow palsu agar disebut "menarik". Bahkan, orang-orang tua sering menggambar alis palsu pada anak-anak mereka saat masih kecil.

Alis palsu tersebut kerap terlihat pada orang-orang keturunan Uyghurs--kata ini menunjuk pada etnik Turki (Asia Tengah) yang lebih mewarisi darah Cina (Mongol). Di masa kini, kaum Uyghurs menempati wilayah Xinjiang, Cina.

Kaum Uyghurs mewarisi beberapa kepercayaan Persia (mungkin ada pengaruh Dynasty Qajar) terutama soal daya tarik unibrow. Namun, karena orang Uyghurs tidak mewarisi darah Persia (Iran) maka sangat jarang yang memiliki unibrow. Itulah sebabnya banyak terlihat unibrow palsu.

Ratno Prayitno teman sewaktu Sekolah Rakyat (SR) dulu di Kuala Besilam Langkat, Sumatera Utara, kami berpisah sebelum G30S PKI meletus, yaitu awal tahun 60 an. Entah darimana pula darah keturunan Asia Tengah mengalir ditubuhnya.
Yang jelas cucunya terlihat tampan dan ganteng,  tidak terlihat seram koq, seperti kata sebagian bangsa barat yang miskonsep di era Victorian, kriminolog Cesare Lombroso menggolongkan unibrow sebagai lambang kejahatan, mereka mengatakan orang unibrow terlihat aneh dan seram.