Tanwir Muhammadiyah ke 51 Di Bengkulu tahun 2019


 Dok PP Muh

"Apa itu Tanwir."? tanya teman dari Malaysia.
Jangankan orang Malaysia, orang Indonesia saja banyak yang tidak tahu. Aku yang ditanya sepontan hanya menjawab, Tanwir itu satu perhelatan yang ditaja oleh Organisasi Muhammadiyah dua tahun sekali. Pertemuan seluruh anggota Muhammadiyah ini terbesar kedua setelah Muktamar yang dihelat lima tahun sekali. Kalau Muktamar biasanya memilih Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Kira kira itu yang bisa kusampaikan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Tanwir berati Pemberian Nasihat. Jadi seperti memberikan nasihat dan tahun ini Februari 2019 adalah Tanwir yang ke 51. Diadakan di Bengkulu dari tanggal 15 sd 17 Februari 2019. Di pusatkan di Kampus Universitas Bengkulu.

Konon Bengkulu punya sejarah penting bagi Muhammadiyah, Presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno yang dikenal dengan Bung Karno pernah menjadi guru di sekolah Muhammadiyah di Bengkulu, sewaktu pahlawan proklamator ini di buang penjajah kesana. Bapak dari Megawati Seoekarno Putri Presiden Republik Indonesia ke lima ini, isterinya orang Bengkulu. Fatmawati yang dinikahinya adalah putri tokoh Muhammadiyah Bengkulu.

Belum ada kabar apakah Megawati ikut hadir dalam Tanwir kali in, yang rencana akan hadir adalah Joko Widodo dan Prabowo Subiyanto. ada juga Ustadz Abdul Somad dan ustadz Adi Hidayat. Dan tentu pengurus dari seluruh wilayah Indonesia.
Sewaktu Tanwir di Ambon dua tahun silam Presiden Jokowi pun hadir, tahun ini tahun politik katanya, kedua pasangan capres ini Insyaallah akan datang menghadiri.

Sebagai Koordinator Muhammadiyah Asean, beberapa utusan dari Asean akan hadir dalam Tanwir kali ini. Seperti Tanwir sebelumnya. Terutama rekan rekan dari Muhammadiyah Malaysia, tentu sebagai peninjau. Dan rencana Datok Anwar Ibrahim akan datang juga. 

"Disela sela Tanwir nanti kita sempatkan mengunjungi objek wisata yang ada di Bengkulu." ujarku kepada teman teman dari utusan Asean. Salah satunya mengunjungi Danau Dendam Tak Sudah.
"Wah menarik itu." ujar teman menaggapinya.
Kami pun siap siap pesan tiket dan penginapan di Bengkulu.
Sampai Jumpa di Bengkulu.