Mengunjungi Makam Tengku Amir Hamzah Pahlawan Nasional Korban Revolusi Sosial


 

Persis azan Juhur berkumandang kami memasuki halaman masjid Azizi Tanjung Pura Langkat Sumatera Utara.
Bergegas ke tempat wuduk, aku masih sempat sholat tahyatul masjid dua rokaat, sebelum bilal iqomah.

Selesai Juhur berjamaah kuulanjutkan dengan jamak Ashar di qoshar, setelah itu aku melangkah ke luar masjid. Assalamualaikum ya ahlil qubur minal mukminina wal mukminat. ucapku keluar dari pintu masjid arah Barat terletak makam umum.

Beberapa kerabat yang kukenal ada dimakamkan disitu. Setiap kesempatan ke Medan aku acap mampir di masjid Azizi Langkat Tanjung Pura yang sudah berusia ratusan tahun ini. Masjid terindah di Indonesia dibangun jauh sebelum Indonesia wujud di dunia ini.

Hingga kelas satu SMP aku tinggal dan bersekolah di Langkat. Pemberontakan Komunis PKI lah membuat kami hengkang dari Langkat ke Medan. 


blob:https://web.whatsapp.com/773147e1-4ed6-4f2a-8215-ee0ff0f8424e
Persis samping lapangan parkir ada komplek makam dekat tangga masuk ke Makam itu ada batu pualam bertulis Makam Pahlawan Tengku Amir Hamza.
Makam pahlawan Sastrawan pra kemerdekaan itu agak ke dalam dua batu nisannya bertuliskan puisi yang ditulisnya. lah itu mereka memberontak tahun 1948 dan tahun 1965. baca : https://id.wikipedia.org/wiki/Revolusi_Sosial_Sumatra_Timur



Tengku Amir Hamzah korban Revolusi Sosial yang menurutku ditunggangi Komunis. dan sete

Persis disamping kiri makam T Amir Hamzah kulihat ada makam baru. Seorang pemuda sedang jongkok di dibagian kepalanya. Matanya agak sembab, mulutnya komat kamit.

Kusapa, siapa yang meninggal tanyaku. Ayah jawabnya. Kemarin baru dimakamkan tambahnya lagi. Ini makam Atok, jadi Ayah dimakamkan disini juga jelasnya lagi.
Masih kerabat T Amir Hamzah tanyaku. Dia menggeleng lemah.
Kami berjalan keluar makam yang penuh sesak itu sudah entah berapa lapis tumpang tindih orang yang dimakamkan dalam satu kuburan.



Batu nisan pahlawan korban Revolusi Sosial itu yang paling menonjol dan besar terlihat.
Mau dipindahkan rencana makam T Amir Hamzah kesana. ujar Said Hafizham Almahdaly nama pemuda usia 21 tahun itu.
Kalau menurut saya mungkin itu demi kemaslahatan pak, karena itu memang pusara bersejarah,
Mau dikhususkan menjadi lebih baik,
Karena faktanya, pemuda pemuda sekarang banyak yang tidak tau dengan pahlawan T. Amir Hamzah.
Sementara di Malaysia misalnya setau saya Mengenai puisi2 dan karya karya beliau di pelajari. Tambah mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum, jurusan Muamalah UIN Gunung Jati ini.

Hafiz tau tentang Revolusi Sosial. tanyaku. Kurang begitu faham pak. Ujar mahasiswa semester tujuh ini. Atok atoknya lagi sudah bermukim di Langkat rumah mereka hanya berjarak gang saja dari masjid yang dibangun Sultan Langkat itu.
Tengku Amir Hamzah dibunuh dalam Revolusi Sosial. Kerabat Sultan dieksekusi satu persatu. Mereka dianggap tidak mendukung Revolusi kononnya.

Kutinggalkan komplek Masjid Azizi dan pemakaman T Amir Hamzah. Kami menuju Besilam Babussalam Maka Tuan Guru Rokan sekitar empat kilometer dari Masjid Azizi Tanjung Pura Langkat.