Hampir Lima Jam Aku Lupa Tak Ingat Apapun.

Hampir lima jam aku tak ingat apa-apa, memori tak melekat karena asupan oksigen berkurang ke otak. Alhamdulillah pagi ini masih sempat kutuliskan kejadian itu.

Aku terserang Anterograde Amnesia. ?
Menjelang Pukul 12 malam aku mulai ingat apa yang kulakukan, sesaat dikamar mandi hendak membasuh tangan ada selang infus dan plasteran ditelapak tangan kanan bagian belakang, samar samar kuingat aku koq disini.

Kuselesaikan wudukku untuk shalat Isya, dan aku shalat sambil duduk diatas tempat tidur, menghadap ke kiri terus ada yang menyuruh hadap ke kanan. seingatku aku belum lagi shalat isya, dan menurutku aku shalat dua rakaat terlebih dahulu setelah itu shalat empat rakaat.

Tetapi menurut anakku yang menjagai aku dan mengantar ke rumah sakit Harapan Bunda hal itu sudah beberapa kali kulakukan semenjak masuk kedalam kamar rumah sakit itu. Yang kutanya sudah sholat Isya. Aku sudah beberapa kali sholat yang sama. Dan aku sudah enam kali kebilik air sendiri mengangkat tiang dan selang infus sendiri. Dan merekapun sudah penat menjawab pertanyaan yang sama.

Hari itu Jumat setelah pulang shalat, rencana selepas Isya aku hendak ke Nagaoya Mall hendak melihat pameran yang kami ikut, UKM kecamatan kami ada buka stand dan kami ikut berpartisipasi mamerkan daun mint kering dan segara. Sekitar pukul 19.05 selesai shalat magrib biasa baca Quran menjelang menunggu shalat isya, aku masih sempat melihat jam. Itulah mengapa ingatan yang masih tersisa pukul 19.05 dan aku belum shalat Isya.

Dan ingatan kembali pulih menjelang pukul 12 tengah malam. aku tak tahu siapa yang membawa kerumah sakit, menurut mereka setelah menelpon minta diantar kerumah sakit anakku tertua yang mengantarkan, aku berjalan biasa, masuk ugd diantar oleh Syarifuddin dari LAZ Masjid Raya, dan beberapa orang yang datang menjenguk setalah masuk bilik rawatan sama sekali aku tidak ingat , tetapi aku membalas pertanyaan mereka.

Sholat subuh sudah ingat sama sekali, Dan saat kunjungan dokter memeriksa, mengakatan bahwa asupan oksigen ke otakku berkurang, sehingga tekanan darah rada tinggi, "Tahan emosi ya pak" nasihatnya lagi, dan nasihat lainnya untuk lebih bersabar.

Saat itu tekanan darah ku sudah normal turun ke 140, hal ini memang biasa, aku minta pulang saja hari itu dari Rumah Sakit. Tiga bulan yang lalu aku juga dirawat karena bell palsy, waktu itu tekanan darah sampai 210, mulutku sedikit merot kekanan. dan beberapa hari dirawat serta teraphy, kondisi normal kembali. Aku beraktifitas seperti biasa malah pergi ke Myanmar Burma dan terakhir ke Ambon  Ternate dan daerah lain di Timur Nusantara sana.

Ahad pagi rasanya sudah tak sabar hendak melihat tanaman di halaman sekolah, karena aku merasa seperti biasa saja, hanya benar benar tak ingat sama sekali sesaat aku rebah rebahan menunggu waktu isya sampai menjelang pukul duabelas tengah malam sedikitpun tidak ada yang kuingat.

Kubuka google pagi itu karena aku disebut amnesia parsial.sbb :
.  
  • Anterograde amnesia: kejadian baru dalam ingatan jangka pendek tidak ditransfer ke ingatan jangka panjang yang permanen. Penderitanya tidak akan bisa mengingat apapun yang terjadi setelah munculnya amnesia ini walaupun baru berlalu sesaat.Tidak dapat disembuhkan dengan terapi(lupa permanen).
  • Retrograde amnesia: ketidakmampuan memunculkan kembali ingatan masa lalu yang lebih dari peristiwa lupa biasa.Dapat disembuhkan dengan terapi.
Kedua kategori amnesia tersebut dapat muncul bersamaan pada pasien yang sama. Contohnya seperti pada pengendara sepeda motor yang tidak mengingat akan pergi kemana dia sebelum tabrakan (retrograde amnesia), juga melupakan tentang kejadian di rumah sakit dua hari setelahnya (anterograde amnesia).
Selain itu juga ada jenis amnesia lain yang cukup parah,
Amnesia parsial: ketidakmampuan mengingat beberapa orang dalam jangka waktu 3 tahun bahkan selamanya, kejadian ini biasanya disebabkan oleh seseorang tersebut mengalami operasi transplantasi sum-sum tulang belakang. Kejadian ini cukup langka karna tidak banyak orang yang mau untuk melakukan tranplantasi sum-sum tulang belakang untuk pengobatan penyakit Thalassemia Mayor.

Sepertinya aku menderita Anterograde amnesia, karena yng tak bisa kuingat dari mulai pukul 19.05 sd menjelang pukul 24.00,  Anakku yang nomor tiga, mengingatkan, ini yang keduakali aku masuk rumah sakit dalam waktu berdekatan, yang pertama karena bell palsy, yang kedua asupan oksigen berkurang ke otak, keduanya mengakibatkan tekanan darah meninggi.

Ya pola makan yang harus dijaga, disamping itu emosi. usia sudah 64 tahun seperti ini, kolesterol 300 sudah cukup tinngi, itu nasihat dokter.
Kepada kawan yang kemarin datang menjenguk yang sama sekali tidak kuingat mohon maaf. Serta doa kawan kawan yang lain aku ucapkan terima kasih banyak semua.

Hari ini Ahad aku sudah melihat kebunku lagi, kebun aquaponik daun mint dan tanaman lainnya, aku masih berusaha mengingat ingat kejadian sekitar 5 jam di malam sabtu itu, belum juga bisa.
Alhamdulillah , yang masih memberikan kesembuhan dan kesehatan padaku Terutama nikmat ingat ini..