Puasa Ramadhan 1438 H di Cape Town Hanya 10 Jam


Teman dari Cape Taown mengabarkan mereka puasa Ramadhan tahun 1438 H ini tak sampai 12 jam, matahari terbit 07.44 sementara matahari terbenam pukul 17.44,
"Subuh pukul 06.20 dan Magrib pukul 17.47 sekarang" ujar Inoki.  Saat ini  disana sedang musim dingin suhu udara berkisar antara 7 - 24 derajat celsius Selisih waktu Batam WIB dengan Cape Twon sekitar 5 jam.

"Musim dingin disini, malam lebih panjang" tulis Inoki Nurza, Pria 30an tahunan asal Sumatera Barat ini telah bermukim di Heidelberg sejak tahun 2010.

"Sejak tahun 2010 kami menetap di Cape Town..Tepatnya di strand Heidelberg, itu perbukitan yang mengitari teluk False Bay. Terdapat 3 Kecamatan, Strand, Somerset dan Gordons Bay" Jelas Inoki Nurza. 

"Ada lima masjid sekitaran sini koq"tulis Inoki lagi "Tetapi kalau sholat Jumat dipusatkan disatu masjid Jamiah, Taraweh dan sholat lail disetiap masjid. Dari rumah hanya dua menit ke masjid Jamiah" Tambahnya lagi.

Berteman melalui medsos,  Inoki, Kader Silat Tapak Suci ini  bercerita bahwa didaerah Heidelberg ada institusi Ulama, strand Muslim Council, Jadi ketika pusat komuniti ini bergeser ke arah Selatan oleh sebab group area act"di era aparteid mereka bangun masjid Jamiah. Dan masyarakat bertambah, masjid-masjid baru turut pula dibangun, dengan kesepakatan bersama jumat tetap disatu masjid Jamiah. Demi kesatuan ummat. Karena dimasa lalu mazhab dan firqoh mencptakan ashobiyah kelompok

Masjid Jamiah Heidelberg Cape Town
" Kami sholat taraweh 23 rakaat, permalam satu juz" tulis Inoki Nurza yang kini memiliki empat orang anak, menikah dengan orang Afrika Selatan, Cape Malay.

Kalau di Swedia Safovan puasa hampir 20 jam lamanya Inoki Nurza pula hanya separuhnya. Puasa itu waktunya mulai terbit matahari hingga terbenam matahari. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui